Minggu, 10 Juli 2016

Yuk mampir ke masjid agung al akbar surabaya

Kawan bagaimana kabarnya hari ini ? alhamdulillah saat ini saya berkunjung ke surabaya, lebih tepatnya di daerah pagesangan. Saat ini saya sedang jalan-jalan menjelajahi daerah selatan surabaya. Tak lengkap rasanya jika ke pagesangan tanpa mampir ke masjid agung surabaya yang menjadi landmark kota surabaya yang terkenal sebagai masjid terbesar kedua di indonesia setelah masjid istiqlal. Ada yang tahu tentang masjid ini ?, jika belum yuk kita kenalan dulu.
Masjid ini memiliki nama resmi Masjid Nasional Al Akbar (atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya) ini adalah masjid terbesar urutan kedua yanmg ada di Indonesia. Masjid ini berlokasi di Jl.Masjid Al Akbar Timur No.1 Pagesangan, Kota Surabaya, Jawa Timur atau berada di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Awalnya saya sempat nyasar karena masih awam di daerah surabaya, namun saya dapat menemukan lokasi masjid ini karena terlihat bangunan masjid ini karena bentuknya yang unik dari masjid lainnya.
Ciri yang membuat saya mudah melihatnya karena adanya kubah biru mencolok yang besar sekali serta didampingi oleh empat kubah kecil yang berwarna biru pula. Selain itu ada satu menara yang tinggi sekali menjulang langit. Konon tingginya menara itu sekitar 99 meter. Wow, tinggi sekali kawan.
Setelah menemukannya, bergegas saya melaksanakan sholat jumat berjamaah karena memang sudah waktunya. Masuk pertama kali saya disapa oleh jam raksasa berwarna biru dan keemasan. Orang-orang menuju tempat wudhu yang ada di bawah masjid agung Al Akbar surabaya. Sungguh luas sekali kawan tempat wudhunya, meski banyak orang yang ingin berwudhu namun tak satupun yang harus mengantri lama karena setiap sudut sudah disediakan banyak keran air dan toilet. Setelah selesai kami semua bergegas masuk ke dalam masjid karena adzan sudah dikumandangkan. Kami semua mengikuti sholat jumat dengan khusyuk dan penuh ketenangan. Khutbahnya juga singkat namun tepat sasaran dan mengena pada tema. 
Jika dimasjid lainnya jamaah akan pulang setelah sholat jumat selesai, ternyata disini tidak begitu, seusai sholat masih ada majelis bagi para jamaah yang masih penasaran dengan khotbah yang tadi, ada yang bertanya tentang temanya ada juga yang bertanya sesuai dengan hati.
Selesai sholat saya mencari stop contact karena smartphoneku sudah low batt. Untung disetiap tiang masjid telah disediakan stop contact sehingga kita tidak perlu lagi susah-susah mencarinya. Lalu saya mencoba mencari tahu lebih banyak tentang masjid kebanggaan jawa timur ini. Dan ternyata masjid ini juga memiliki webside sediri loh, yaitu www.masjidalakbar.com , keren bukan ?, tidak kalah sama perusahaan.
Lalu aku cari infonya dan akhirnya ketemu juga. Menurut wikipedia, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Namun karena krisis moneter pembangunannya dihentikan sementara waktu. Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai tahun 2001. Pada 10 November 2000, Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid. Ternyata masjid ini memiliki kisahnya sendiri, jadi merasa bangga jika masjid ini menjadi kebanggaan jawa timur bukan saja karena bangunannya yang besar, tapi juga jamaahnya yang benar-benar menghidupkan masjid sebagai pusat peradaban islam di jawa timur, terutama kota surabaya.  (kyota hamzah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar