Selasa, 12 Juli 2016

Beberapa tindakan darurat jika file penting kamu hilang

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika media penyimpanan kita sangat rawan hilang. Baik itu penyimpanan internal dari perangkat smartphone atau laptop maupun penyimpanan eksternal seperti flashdisk, harddisk eksternal, maupun memory card. Entah data penting kita hilang karena terkena virus atau tak sengaja terformat secara tidak sengaja, atau bahkan hilang saat kita mengerjakan tugas di warung internet. Sangat menyebalkan bukan seandainya kita ingin kirim tugas kuliah namun mendadak tidak bisa dibuka atau filenya corrup dan harus dikirim sekarang juga, apa tidak pusing kawan ?

Kawan, jika anda pernah mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, berarti kita senasib ( Eh kok jadi nglantur ? ). Baiklah kawan langsung saja pada inti cerita. Jika kawan mengalami masalah pada media penyimpanan anda, saya memiliki tips sederhana namun efektif jika file anda mendadak hilang, berikut tips darurat saat file kita hilang.
  • Cari kembali file yang dikirim melalui email. Biasanya di bagian kirim masih ada file kita yang tersimpan dalam email. Jika beruntung segeralah untuk mengunduhnya.
  • Selalu meng"back up"  file kita ke internet. Baik di sosial media seperti facebook atau cloud storage milik google seperti google drive atau sejenisnya.
  • Buatlah media cadangan saat file dimedia lainnya. Karena jika yang satu rusak masih ada salinannya.
  • Jika semua langkah sudah dicoba namun gagal, terpaksa bawalah ke servis terdekat dan berdoalah agar perangkat kita cepat sembuh.

( kyota hamzah )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar